Latihan kardio yaitu merupakan semua gerakan yang dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Latihan fisik ini biasa digunakan untuk membakar kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh. Akan tetapi alasan melakukan latihan kardio bukan hanya sebatas untuk membakar lemak tubuh saja, namun banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengikuti program latihan kardio secara teratur.

Berikut ini manfaat latihan kardio untuk kesehatan Anda:

* Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jantung termasuk otot seperti otot lain dalam tubuh, sehingga organ ini harus selalu dalam kondisi kuat untuk melakukan kerjanya memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk mendapatkan jantung yang kuat, tentu saja perlu juga latihan fisik.

* Meningkatkan Metabolisme
Bersamaan dengan meningkatkan detak jantung, latihan kardio juga akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. Makin cepat metabolisme tubuh, makin mudah bagi Anda menjaga berat badan atau menurunkan berat badan.

* Meningkatkan Profil Hormonal
Latihan kardio ini dapat merangsang hormone yang menimbulkan “perasaan senang” yang tentunya dapat mengurangi gejala depresi dan kelelahan. Selain itu, latihan ini dapat pula merangsang hormon untuk menurunkan nafsu makan.

* Mempercepat Recovery
Latihan kardio dapat membatu menurunkan waktu recovery dan membantu mengedarkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke otot untuk mempercepat proses perbaikan dan pembentukan jaringan otot baru. Hal ini berarti Anda dapat lebih cepat kembali ke gym dan melatih otot Anda lagi.

* Pengelolaan Diabetes
Latihan fisik berupa latihan kardio pada penderita diabetes akan meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan glukosa sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.

Kelima manfaat di atas merupakan sebagian kecil dari begitu banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari latihan kardio. Jika Anda berniat untuk mulai melakukan latihan kardio, yang terpenting adalah fokus pada aktivitas yang membuat Anda tetap bergerak dan mempercepat detak jantung Anda. Bentuk latihan fisiknya bisa apapun, yang penting harus membuat badan Anda tetap bergerak dan harus ditingkatkan intensitasnya secara teratur bukan volumenya. Setelah menemukan jenis latihan fisik yang Anda rasa mantap, maka Anda harus melakukannya secara teratur dan setelah terbiasa, maka Anda harus naik ke level intensitas yang lebih tinggi. Waktu untuk latihan fisiknya juga tidak perlu berlebihan. Cara ini lebih efektif ketimbang melakukan latihan fisik yang ringan selama berjam-jam.

Setelah mengetahui dan memahami manfaat apa saja yang akan Anda dapat dengan melakukan latihan kardio serta apa saja langkah-langkah untuk memulainya, apa lagi yang Anda tunggu?