Obat katartik yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi kesulitan defekasi (buang air besar) karena tinja yang mengeras dan karena tidak mampunya otot polos usus untuk mengeluarkan tinja ataupun karena adanya obstruksi intra/ekstralumen usus sehingga penderita biasanya mengalami konstipasi dan obtipasi.

Klasifikasi obat katartik yaitu sebagai:

1.Pencahar rangsang.
2.Pencahar garam.
3.Pencahar pembentuk massa.
4.Pencahar emolien.

1.Pencahar Rangsang
Merangsang mukosa, saraf intramural/otot polos sehingga meningkatkan peristaltik dan sekresi lendir usus.
Disini yang termasuk pencahar rangsang adalah:

1.Minyak jarak:
Berasal dari biji Rianus Communis bersifat emolien dapat menyebabkan kolik dan dehidrasi yang disertai gangguan elektrolit.
2.Bisakodil
Pemberian secara oral (melalui mulut) mengalami hidrolisis menjadi fenol di usus dan efek pencahar timbul 6-12 jam setelah pemberian oral.

2.Pencahar Garam dan Pencahar Osmotik
MgSO4
MgSO4 sering juga disebut garam inggris atau garam epson yang berperan sebagai pencahar garam yang dapat meningkatkan peristaltik usus karena daya osmotiknya sehingga air ditarik kedalam lumen usus dan tinja akan melembek setelah di berikan obat katartik satu ini sekitar 3 sampai 6 jam .
MgSO4 ini diabsorbsinya melalui usus kira-kira 20% dan diekskresikan melalui ginjal sehingga di kontraindikasi pada penderita gagal ginjal.

3.Pencahar Pembantuk Massa
Laktulosa
Bekerja mengikat air dan ion dalam lumen kolon sehingga tinja menjadi banyak dan lunak.contoh dari obat ini adalah ion metilselulosa,polikarbofil dan agar-agar.

4.Pencahar Emolien
Dioktil natrium,sulfosuksinat,minyak zaitun dan parafin cair
Berfungsi memudahkan defekasi (buang air besar) dengan jalan melunakkan tinja tanpa merangsang peristaltik usus yang kemudian akan menurunkan tegangan permukaan sehingga memudahkan penetrasi air dan lemak ke dalam massa tinja.
Penyalahgunaan pencahar yang banyak terjadi di masyarakat dengan alasan menjaga kesehatan akan menurunkan sensitivitas mukosa sehingga usus gagal bereaksi terhadap rangsangan fisiologik.

Indiksi obat katratik
Emolien digunakan pada penyakit bila mengejan atau tinja keras akan membahayakan,misalnya wasir,hernia,gagal jantung,hipertensi berat.

Garam inggris,minyak jarak dan Bisakodil untuk membersihkan isi usus sebelum pemeriksaan radiologi,pemeriksaan rektum dan operasi usus.
Selain itu apabila ada pasien yang mengalami keracunan obat katartik juga dapat digunakan untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh dengan menggunakan garam inggris atau minyak goreng.
Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita bersama dan memberikan manfaat bagi kehidupan kita sehari hari.